.

Tim Konsultan MSCI

 

Helmi Panggabean

Direktur MSCI

(Media Survei Center Indonesia)

HP    : 081 3300 87774

YM   : helmigabe@yahoo.com

BBM : PIN : 22B07CC4

FB : Helmi Panggabean

real quick qount gambar.jpg

Hasil Real Quick Count

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player

Powered by RS Web Solutions

msc.jpg

LINK PEMILUKADA

 

MSC GROUP

 


Survei Indonesia PDF Cetak Email

Survey dalam pengertian orang yang sering mengikuti perkembangan politik tentunya tidak asing kata tersebut, Tapi kalau survey pilkada ?  disini kami berusaha menjelaskan kembali apa dan bagaimana survei itu dilakukan, Survei Pemetaan Politik sering disamakan dengan survei pilkada atau survei popularitas. Namun sesungguhnya, maksud dan tujuan dari survei pemetaan politik ini berbeda dengan survei popularitas.

Survey pilkada dalam hal ini survey pemetaan politik maupun survey popularitas sangat di perlukan sekali oleh seorang kandidat yang ingin mencalonkan diri, langkah-langkah yang harus dilakukan oleh kandidat adalah mengukur sejauh mana potensi dia dapat memenangkan pilkada dibandingkan dengan pesaing-pesaing yang lain. Potensi seorang kandidat ini tak dapat hanya diduga-duga berdasarkan suara dukungan kelompok-kelompok masyarakat tertentu, atau berdasarkan berita di media massa apalagi bertanya pada seorang dukun, karena hal itu sering hanya tampak permukaan saja sedangkan suevey pilkada tersebut harus benar - benar bagaimana seorang kandidat bisa mengukur potensi kemenangannya sampai ke tingkat lebih dalam, bahkan bukan hanya orang yang kenal saja yang menjadi responden survey melainkan semua orang dari berbagai kalangan dan golongan. Sebab kalo kandidat melakukan survey berdasarkan dukungan atau opini - opini kelompok tertentu di sekitarnya, itu bisa dikategorykan adalah suara elit politik, yang tidak mencerminkan suara rakyat yang sesungguhnya. Nah untuk mengetahui kemana sesungguhnya pilihan rakyat akan lari dalam pilihan langsung kabupaten, diperlukan suatu metode survei pra pemilu. Survei ini akan secara jelas mengukur sejauh mana seorang kandidat calon kabupaten diterima masyarakatnya, siapa pesaing-pesaing terberatnya, dan yang paling penting adalah upaya apa yang harus dilakukan seorang kandidat agar rakyat yang tadinya tidak mendukung berbalik memilihnya yang nantinya adalah termasuk dalam program pencitraan oleh seorang kandidat itu sendiri.

Mengapa Harus Survey Pra Pilkada?

  • Pilkada adalah proses demokrasi yang dapat diukur, dikalkulasi, dan diprediksi dalam proses maupun hasilnya.
  • Sebagai media untuk mengukur popularitas kandidat calon BUPATI dalam pilkada.
  • Melihat persepsi dan penerimaan masyarakat terhadap kandidat.
  • Menggagas upaya dan strategi yang harus dilakukan oleh kandidat untuk mendapatkan dukungan lebih luas.
  • Survei merupakan salah satu pendekatan penting dan lazim dilakukan untuk mengukur, mengkalkulasi, dan memprediksi bagaimana proses dan hasil pilkada yang akan berlangsung, terutama menyangkut peluang kandidat.
  • Sudah masanya meraih kemenangan dalam pilkada berdasarkan data empirik, ilmiah, terukur, dan dapat diuji.

Pentingnya  Survey Dalam pengambilan Strategy Pemenangan

  • Sebagaimana nampak dalam diagram, tim sukses harus mengandalkan survey untuk menentukan strategi pemenangan kandidat
  • Untuk mengetahui bagaimana peta/sebaran dukungan dan preferensi pemilih terhadap kandidat berdasarkan aspek: wilayah, usia, jenis kelamin, pekerjaan, agama, afiliasi keagaamaan dan organisasi sosial, serta tingkat sosio-ekonomi.
  • Untuk mengetahui bagaimana tingkat popularitas kandidat di masyarakat, baik pada masa pra-kampanye maupun pada masa kampanye menjelang pemilihan.
  • Melalui survai tim sukses akan dapat memperkirakan seberapa besar dana yang diperlukan untuk membiayai kampanye
  • Melalui survai tim sukses dapat mengemas pencitraan kandidat sesuai dengan ideal yang diharapkan pemilih dan dapat menggunakan media kampanye yang tepat
  • Untuk mengidentifikasi isu-isu strategis yang berkembang di masyarakat sebagai bahan kampanye kandidat dan dapat menyusun program kampanye sesuai kehendak pemilih
  • Untuk mengetahui besaran peluang atau probabilitas menang kandidat dalam pilkada.
  • Sarana ”sosialisasi” kandidat kepada masyarakat.

Mekanisme Survey dilakukan

  • Survey perlu diadakan minimal 3 kali sebelum hari H Pilkada dilakukan
  • Survey Pertama sebaiknya dilakukan secepat mungkin. Sebab kandidat yang tahu situasi lebih cepat memiliki kemungkinan menang lebih besar. Survai Pertama ini digunakan untuk mengukur modal dasar yang dimiliki kandidat dan mengukur harapan masa pemilih. Survai pertama dipakai sebagai dasar pencitraan kandidat, dan strategi pemasaran dan pemenangan kandidat.
  • Survey kedua diadakan 3-2 bulan setelah tim sukses bergerak memasarkan kandidat (berkampanye). Survai ini digunakan untuk mengetahui seberapa efektif strategi kampanye yang telah dilakukan.
  • Survey ketiga diadakan pada saat pelaksanaan kampanye pilkada. Survai ini digunakan untuk mengetahui seberapa efektif strategi kampanye dan upaya pemenangan yang telah dijalankan. Juga untuk menilai berapa kira-kira perolehan suara kandidat dalam Pilkada nanti.

Jumlah sampel dan margin of error dalam survey

Jumlah sampel yang diambil akan berimplikasi pada tingkat kesalahan atau margin of error (moe). Semakin kecil margin of error semakin tepat prediskis survei. Dalam survei kali ini ada 2 kemungkinan jumlah sampel yang kami tawarkan :

  • Jumlah sampel 500 maka margin of error adalah +/- 3 persen
  • Jumlah sampel 1,000 maka margin of error adalah +/- 2 persen

>> Selain survey yang kita lakukan diatas kita juga melakukan survey yang mempunyai low intervensi krn survey tsb tidak bertatapan langsung dengan responden, Survey ini kami memakai media tehnologi berbasis SMS Gateway. jadi sebelum melakukan survey kita mencari database nomor - nomor HP di daerah tersebut dengan kerjasama dengan beberapa penyedia layanan pengisian pulsa. Dari situ kita broadcast ke masyarakat yang intinya menggali informasi masyarakat terhadap popularitas kandidat siapa saja yang akan menjadikan pilihan dalam pemilihan pilkada nantinya. Dengan hal tersebut tingkat akurasi dari margin errornya rendah sekali ( +/- 1% ) krn jumlah responden yang kita gunakan bisa ratusan ribu dari database hp yang kita peroleh sebelumnya.

Contoh perhitungan Margin error survey

Dengan margin off error 3% maka hasil survei bisa dimungkinkan kurang atau lebih 3 %. Misalnya kandidat diprediksikan mendapatkan dukungan dari 25% pemilih, maka dukungan rielnya bisa 22% sampai dengan 28%. Apabila tingkat persaingan diantara kandidat sangat ketat, sebaiknya kandidat memilih risiko kesalahan yang lebih kecil yaitu dengan memilih survey yang tingkat margin off errornya lebih rendah.

Output yang dihasilkan dalam proses survey pilkada

  • Kandidat mana yang paling difavoritkan dan tidak terlalu difavoritkan oleh masyarakat.
  • Segment atau kelompok sosial mana yang mendukung dan tidak mendukung masing2 kandidat
  • Melalui media apa masyarakat mengenal para kandidat.
  • Cara-cara kampanye apa yang paling disukai dan tidak disukai oleh masyarakat.
  • Citra positif dan negatif apa dari masing-masing kandidat di mata masyarakat.
  • Citra ideal pemimpin yang bagaimana yang diinginkan oleh masyarakat
  • Bagaimana cara-cara meningkatkan atau memperbaiki citra kandidat di mata masyarakat.
  • Program-program pembangunan apa yang mesti diprioritaskan menurut masyarakat.

Pengolahan & analisa data

Data lapangan yang telah terkumpul selanjutnya akan melalui proses cleaning dan input data. Dengan bantuan aplikasi program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) atau software lain yg mendukung.data diolah dalam berbagai tahapan sehingga outputnya bersifat deskriptif dalam bentuk tabel frekuensi dan crosstabulation. Artinya, dalam analisis ini hanya menggambarkan melalui profil data dalam sajian bentuk visual tabel, diagram dan lainnya. Sementara untuk analisis kualitatif, data akan dianalisis melalui eksplorasi pertanyaan terbuka serta sumber sekunder berupa dukumen-dokumen yang relevan, sehingga mampu mempertajam data



Tambahkan halaman ini ke jejaring sosialmu
 
 

Testimoni Walikota Bengkulu

Iklan

MSCI KONSULTAN

 

Online Support

Video Real Quick Count


Facebook Fans

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini108
mod_vvisit_counterKemarin648
mod_vvisit_counterMinggu ini3064
mod_vvisit_counterMinggu kemarin4753
mod_vvisit_counterBulan ini108
mod_vvisit_counterBulan kemarin21511
mod_vvisit_counterSemua626908
Visitors Counter

Online hari ini

Ada 11 tamu online
bottom

top

Pilkada Indonesia



Berita Umum



Politik



Info IT



bottom

MSC support & solusi | Media SMS Center. Designed by: Joomla Theme, web page. Valid XHTML and CSS.